SDN LUBANG BUAYA 06

tags

6/recent/ticker-posts

KOMPETISI LITNUM

 KOMPETISI LITERASI NUMERASI 

TAHUN 2023

SDN LUBANG BUAYA 06



Literasi dan numerasi adalah kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional. Dengan mengukur kompetensi yang bersifat mendasar (bukan konten kurikulum atau pelajaran), pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa guru diharapkan berinovasi mengembangkan kompetensi siswa melalui berbagai pelajaran melalui pengajaran yang berpusat pada siswa.

Asesmen Kompetensi Minimum akan dilakukan pada siswa yang duduk di pertengahan jenjang sekolah, seperti kelas 4 untuk SD, kelas 8 untuk SMP, dan kelas 11 untuk SMA. Dengan dilakukan pada tengah jenjang, hasil asesmen bisa dimanfaatkan sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa. Dengan dilakukan sejak jenjang SD, hasilnya dapat menjadi deteksi dini bagi permasalahan mutu pendidikan nasional. Selain itu, pelaksanaan kompetisi diselenggarakan secara daring dengan Computer Based Test (CBT). Platform yang dipergunakan adalah PesonaEdu A-Class dengan 16 variasi soal berbasis Learning Content Management System (LCMS) dimana akan dinilai oleh dosen dan pakar pendidikan di UNJ.

 

Manfaat Literasi dan Numerasi pada Peserta Didik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meningkatkan pola pikir juga merupakan kewajiban seorang siswa. Semakin maju pola pikir, maka semakin bermanfaat pula dia untuk lingkungan tempatnya bertumbuh.

Di sekolah misalnya, siswa yang memahami betul cara berpikir dengan prinsip literasi dan numerasi akan cenderung lebih tanggap, cermat, dan peka terhadap lingkungan. Di bawah ini adalah empat (4) manfaat belajar literasi dan numerasi dari kumparan.com, diantaranya:

  1. Lebih mudah menginterpretasikan angka, data, tabel, grafik, dan diagram pada prinsip angka (numerasi)
  2. Lebih mudah memecahkan masalah serta mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari menurut penalaran logis
  3. Menguatkan sumber daya pribadi berupa pola pikir (mindset) dan mengelola kekayaan sumber daya alam
  4. Memiliki kecakapan dalam merencanakan, memanajerisasi sesuatu, mengimplementasikan, serta mengevaluasi pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari





Posting Komentar

0 Komentar